Penutupan TMMD/N Ke 96 Tahun 2016 di Tanah Datar

Penutupan TMMD ke-96 di Tanah Datar

TMMD di Tanah Datar Ditutup oleh Pangdam I BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung

TMMD merupakan operasi bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian, Pemda dan komponen masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan daerah.

Hari Rabu (1/6), Panglima Kodam I Bukit Barisan (Pangdam I BB), Mayjen TNI Lodewyk Pusung menutup secara resmi Program TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke-96 Tahun 2016 di wilayah Kodim 0307 Tanah Datar. Penutupan digelar di Lapangan Bola Kaki Nagari Salimpauang, Tanah Datar. TMMD sebelumnya dibuka oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sebulan yang lalu pada tanggal 3 Mei, program tersebut melibatkan 150 personel gabungan yang tergabung dalam Satgas, yakni Kodim 0307/TD, Yonif 131, Denzipur 2, Denpom Padang, Denkensyah Padang, Lantamal II Padang, Lanud Padang serta personel dari SKPD Tanah Datar serta Masyarakat Kecamatan Salimpauang.

Mayjen TNI Lodewyk Pusung mengatakan TMMD yang dipusatkan di Kecamatan Salimpauang meliputi tiga nagari, yakni Nagari Salimpauang, Supayang dan Lawang Mandahiling , mencakup pembangunan fisik dan non fisik.

Pada pembangunan fisik mengerjakan pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 3,4 kilometer di Nagari Salimpauang, pembuatan saluran irigasi sepanjang 8,98 meter di Jorong Nan Duo Suku Nagari Salimpauang, 11 unit dan merehab 2 unit rumah tidak layak huni yang masing-masing 4 unit di Nagari Salimpauang, 5 unit di Supayang dan 4 unit di Nagari lawang Mandahiling dan merehab 2 unit mushalla dan 2 MCK di Nagari Salimpauang.

Pada pembangunan non fisik diantaranya menyelenggarakan penyuluhan kesadaran berbangsa dan bernegara, penyuluhan dan bimbingan perkoperasian, pemberian bantuan dan dana bergulir pada usaha kecil dan sosialisasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Sebelum pembukaan dilaksanakan, dilakukan pra TMMD yang berlangsung satu bulan untuk memulai sebagian kegiatan dan pada penutupan akan dilaksanakan khitanan massal, donor darah dan pembagian sembako serta penyerahan penghargaan kepada warga yang menyerahkan tanahnya untuk pembangunan jalan tanpa ganti rugi serta penyerahan hadiah kepada pemenang lomba-lomba yang dilaksanakan.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *