Penutupan TMMD/N Ke 97 Tahun 2016 di Pesisir Selatan

Penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di lapangan bola, Nagari Taluak Tigo Sakato, Kec. Batang Kapas, Kab. Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat oleh Dandrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI Bakti Agus, S.Ip, M.Si, Kamis (19/10).

Upacara penutupan TMMD ke-97 ini dihadiri oleh Danlatamal II, Danlanud Padang, Kapolda Sumbar, Forkapimda Provinsi Sumbar, Wakil Bupati Pesisir Selatan, Dandim 0311/ Pessel, pejabat Forkopimda Pessel, serta tokoh dan unsur masyarakat Batang Kapas.

Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI Bakti Agus mengatakan “ program ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1980 an. TMMD atau dikenal dengan sebutan ABRI masuk Desa (AMD) dulunya telah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan. “Sehingga program ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. TMMD ke-97 ini dipusatkan di desa Tanjung Kandis Nagari Taluak Tigo Sakat yang dimulai 20 September lalu. Saat ini anggota TNI yang tergabung dalam kesatgasan TMMD ini telah menyelesaikan beberapa program pembangunan fisik seperti infrastrukstur jalan, jembatan, gorong gorong, pembangunan rumah ibadah serta renovasi dan bedah rumah yang tidak layak huni,” jelas Agus.

Salah satu pembangunan fisik yang kehadirannya begitu sangat disyukuri oleh masyarakat adalah  dibukanya jalan sejauh 12 kilometer, yang menghubungkan tiga nagari di dua kecamatan, yaitu nagari taluak di Batang Kapas dan Nagari Ampalu di Kec. Sutera. Hadirnya jalan baru ini akan mampu membangkitkan roda perekonomian masyarakat yang selama ini terhalang oleh akses jalan untuk memasarkan hasil pertanian.

Agus juga mengatakan “Ini merupakan sinergitas positif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa pada masa sekarang ini. Salah satu diantaranya ialah membantu pemda dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program pemda yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah membantu mensukseskan kegiatan tersebut. Apresiasi juga kepada prajurit yang senantiasa ikhlas bekerja”.

Comments

comments