BUMNag Angkatan II Tahun 2017

Pelaksanaan Sosialisasi dan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Badan Usaha Milik Desa Angkatan ke II Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 13 April 2017 bertempat di Ruangan Diklat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Jalan Pramuka No. 13 Khatib Sulaiman Padang.

Dalam Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Badan Usaha Milik Desa Angkatan ke II Kabupaten Kepulauan Mentawai dibuka secara resmi oleh Asisten I Setda Provinsi Sumatera Barat diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Senin (10/4).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Drs. H. SYAFRIZAL, MM mengatakan bahwa lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa merupakan babak baru bagi perubahan manajemen Pemerintahan Desa/Nagari, terutama dalam hal urusan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat, seperti pemberdayaan ekonomi masyarakat Nagari/Desa melalui kegiatan Badan Usaha Milik Nagari/Desa yang di awali dengan telah terbentuknya Badan Usaha Milik Nagari/Desa sebagai lokomotif perekonomian masyarakat di Indonesia, khususnya di Sumatera Barat.

Drs. H. SYAFRIZAL, MM juga menyampaikan bahwa dengan adanya rekognisi dan subsidiaritas yang diberikan dalam menghadapi tantangan global yang telah di depan mata tersebut diharapkan dapat teratasi dengan memaksimalkan penyelesaian masalah-masalah yang ada melalui tata kelola potensi desa yang ada dan adanya upaya efektif pengelolaan lembaga keuangan mikro perdesaan.

Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG Drs. HERZADI LAZRAN dalam Laporan Panitia Penyelenggaraan menyampaikan bahwa peserta Pelatihan Penguatan Kelembagaan Badan Usaha Milik Desa Angkatan ke II berjumlah 40 (empat puluh) orang  yang seluruhnya berasal dari Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang terdiri dari :

  • 1 (satu) orang Aparat Pemberdayaan Masyarakat yang membidangi Badan Usaha Milik Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten.
  • 1 (satu) orang Tenaga Ahli Pendamping Ekonomi Desa dari Kabupaten Kepulauan Mentawai.
  • 19 (sembilan belas) orang Kepala Desa se Kabupaten Kepulauan Mentawai.
  • 19 (sembilan belas) orang calon / Direktur atau Sekretaris/Bendahara Badan Usaha Milik Desa yang telah terbentuk dan yang akan dibentuk.

Panitia juga menyampaikan bahwa dalam Sosialisasi dan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Badan Usaha Milik Desa Angkatan ke II Kabupaten Kepulauan Mentawai bahwa Narasumber dan Tenaga Ahli pada Sosialisasi dan Pelatihan ini adalah sebagai berikut :

  • NARASUMBER :
  1. Drs. H. SYAFRIZAL, MM. (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan DesaProvinsi Sumatera Barat).
  2. Drs. HERZADI LAZRAN, MM. (Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG).
  3. AZHARI, S.Sos, (Kasubid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dinas PMD Provinsi Sumatera Barat)
  4. Drs. H. MARTIAS MAHYUDDIN, M. Sc. (Pamong Senior)
  5. Drs. SULTANI, M. Si. (Konsultan Pendamping Wilayah).
  • TENAGA AHLI :
  1. DR. RAHMI FAHMI, SE, MBA (REKTOR UNIV. DARMA ANDALAS PADANG).
  2. DR. HAFIS RAHMAN, SE, MSBS (DOSEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG)
  3. A. RIZAL PUTRA, SE, M.Si. CA.Ak (DOSEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG).
  4. ILMAINIR, SE, M.Si.CA, AK (DOSEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG).
  5. DR. SARI LENGGOGENI (DOSEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG)
  6. DR. MA ‘RUF, SE. (DOSEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG).
  7. Drs. SYAHRIAL SYARIF, MBA. (DOSEN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG).
  8. SARI LENGGO GENI, SE. MM. Dipl. Ph.D. (DOSEN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG).
  9. MISNELLY, SE. CA. CPA. (DOSEN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG).

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Penguatan Kelembagaan BUMDes ini :

  1. Untuk membangkitkan motivasi dan menginspirasi Aparat, Tenaga Ahli Pendamping Ekonomi Desa dan Calon Direksi serta Bendahara BUMDes dalam rangka mengembangkan / memajukan perekonomian desa serta meningkatkan pendapatan asli desa.
  2. Sharing informasi dan berbagi pengalaman dalam pengelolaan dan pengembangan BUMNag / BUMDes.
  3. Menyampaikan informasi-informasi tentang pendirian, pengurusan dan pengelolaan serta perkembangan BUMNag / BUMDes.
  4. Menjalin hubungan silaturahmi dan mempererat rasa kebersamaan diantara Pengurus Badan Usaha Milik Nagari / Desa melalui forum BUMNag / BUMDes Provinsi Sumatera Barat.

Pembiayaan Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Penguatan Kelembagaan BUMDes Tahun 2017 ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017 kegiatan Penguatan Kelembagaan BUMNag/BUMDes pada DPA-OPD Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017. kepada para peserta diberikan fasilitas akomodasi, konsumsi selama pelaksanaan kegiatan berlangsung, serta materi dan bahan, alat-alat tulis dan uang pengganti transportasi bagi peserta non pns yang jumlahnya sesuai dengan dana yang tersedia.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *