BUMNag Angkatan IV Tahun 2017

Pelaksanaan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Badan Usaha Milik Nagari/Desa (BUMNag/BUMDes) Angkatan Ke IV Tahun 2017, yang dilaksanakan pada tanggal 15  s/d 18 Mei 2017 bertempat di Ruangan Diklat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Jalan Pramuka No. 13 Khatib Sulaiman Padang.

Dalam Kegiatan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Badan Usaha Milik Nagari/Desa (BUMNag/BUMDes) Angkatan Ke IV Tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Senin (15/5).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Drs. H. SYAFRIZAL, MM mengatakan bahwa pembentukan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag), ditetapkan dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 4 Tahun 2015, tentang pendirian, pengurusan dan pengelolaan dan pembubaran Badan Usaha Milik Desa, dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan. Sedangkan bentuk Badan Usaha Milik Desa sebaiknya berbadan hukum usaha.

Drs. H. SYAFRIZAL, MM juga menyampaikan bahwa dalam menjalankan usahanya, prinsip efisiensi dan efektifitas harus selalu ditekankan. BUMNag sebagai badan hukum usaha, dibentuk berdasarkan tata perundang-undangan yang berlaku termasuk undang-undang koperasi, dan sesuai dengan kesepakatan yang terbangun di masyarakat desa. Dengan demikian, bentuk usaha BUMNag dapat beragam di setiap Nagari/Desa di Indonesia. Ragam bentuk usaha ini sesuai dengan karakteristik lokal, potensi, dan sumberdaya yang dimiliki masing-masing desa. Pengaturan lebih lanjut tentang BUMNag diatur melalui Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten/Kota.

Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG Drs. HERZADI LAZRAN dalam Laporan Panitia Penyelenggaraan menyampaikan bahwa peserta Pelatihan Penguatan Kelembagaan Badan Usaha Milik Nagari/Desa (BUMNag/BUMDes) Angkatan Ke IV ini berjumlah 45 (empat puluh lima) orang  yang terdiri dari 5 (lima) Kabupaten, yaitu Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Dharmasraya dan Kota Pariaman, dengan rincian sebagai berikut :

  • 1 (satu) orang Aparat Pemberdayaan Masyarakat yang membidangi Badan Usaha Milik Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten/Kota.
  • 1 (satu) orang Tenaga Ahli Pendamping Ekonomi Desa dari masing-masing Kabupaten/Kota.
  •  7 (tujuh) orang Pengelola/Pengurus (Direktur/Bendahara) BUMNag/BUMDes yang telah memiliki minimal 2 (dua) unit usaha.

Panitia juga menyampaikan bahwa dalam Pelatihan Penguatan Kelembagaan Badan Usaha Milik Nagari/Desa (BUMNag/BUMDes) Angkatan Ke IV Tahun 2017 ini bahwa Narasumber dan Tenaga Ahli pada Pelatihan ini adalah sebagai berikut :

  • NARASUMBER :
  1. Drs. H. SYAFRIZAL, MM. (KEPALA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESAPROVINSI SUMATERA BARAT).
  2. Drs. HERZADI LAZRAN, MM. (KEPALA BIDANG UEM, SDA DAN TTG).
  3. MUCHLIS, SE. M. Si. (KEPALA SEKSI PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR DAN PERANGKAT DESA/NAGARI).
  4. AZHARI, S.Sos, (KEPALA SEKSI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DINAS PMD PROVINSI SUMATERA BARAT)
  • TENAGA AHLI :
  1. DR. RAHMI FAHMI, SE, MBA (REKTOR UNIV. DARMA ANDALAS PADANG).
  2. DR. HAFIS RAHMAN, SE, MSBS (DOSEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG)
  3. AHMAD RIZAL PUTRA, SE, M.Si. CA. Ak (DOSEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG).
  4. ILMAINIR, SE, M.Si.CA, Ak. (DOSEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG).
  5. DR. MA ‘RUF, SE. (DOSEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG).
  6. Drs. SYAHRIAL SYARIF, MBA. (DOSEN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG).
  7. RAHMAD KURNIAWAN, SE. M.Si. CA. AK. (DOSEN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG).
  8. MISNELLY, SE. CA. CPA. (DOSEN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG).

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Badan Usaha Milik Nagari/Desa (BUMNag/BUMDes) Angkatan Ke IV Tahun 2017 ini :

  1. Untuk membangkitkan motivasi dan menginspirasi Aparat, Tenaga Ahli Pendamping Ekonomi Desa dan Calon Direksi serta Bendahara BUMDes dalam rangka mengembangkan / memajukan perekonomian desa serta meningkatkan pendapatan asli desa.
  2. Sharing informasi dan berbagi pengalaman dalam pengelolaan dan pengembangan BUMNag / BUMDes.
  3. Menyampaikan informasi-informasi tentang pendirian, pengurusan dan pengelolaan serta perkembangan BUMNag / BUMDes.
  4. Menjalin hubungan silaturahmi dan mempererat rasa kebersamaan diantara Pengurus Badan Usaha Milik Nagari / Desa melalui forum BUMNag / BUMDes Provinsi Sumatera Barat.

Pembiayaan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Penguatan Kelembagaan BUMDes Tahun 2017 ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017 kegiatan Penguatan Kelembagaan BUMNag/BUMDes pada DPA-OPD Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017. Kepada para peserta diberikan fasilitas akomodasi, konsumsi selama pelaksanaan kegiatan berlangsung, serta materi dan bahan, alat-alat tulis dan uang pengganti transportasi bagi peserta Non PNS yang jumlahnya sesuai dengan dana yang tersedia.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *