Rapat Koordinasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dalam Menunjang Pariwisata Tahun 2017, yang dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2017 bertempat di Ruangan Rapat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Jalan Pramuka No. 13 Khatib Sulaiman Padang.

Dalam Kegiatan Rapat Koordinasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dalam Menunjang Pariwisata Tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat diwakili oleh Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Senin (22/5).

Dalam sambutannya Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG Drs. HERZADI LAZRAN mengatakan maksud dari Rapat Koordinasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dalam Menunjang Pariwisata Tahun 2017 yaitu dalam rangka perumusan inventarisasi tupoksi OPD terkait dalam pembinaan dan peningkatan ekonomi masyarakat yang berada pada daerah destinasi pariwisata dan memunculkan masyarakat lingkungan yang sadar wisata.

Drs. HERZADI LAZRAN juga menyampaikan bahwa Dasar Hukum Rapat Koordinasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dalam Menunjang Pariwisata Tahun 2017 yaitu

  • Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan
  • Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2015.
  • Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 3 Tahun 2014 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014-2025.
  • DPA-OPD Dinas PMD Provinsi Sumatera Barat Nomor 1.02.07.01.12.01 Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dalam Menunjang Pariwisata.

Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG Drs. HERZADI LAZRAN dalam Laporan Panitia Penyelenggaraan menyampaikan bahwa peserta Rapat Koordinasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dalam Menunjang Pariwisata Tahun 2017, yaitu :

  • Aparatur Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten/Kota.
  • Aparatur OPD terkait Pariwisata.

Tujuan dari Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dalam Menunjang Pariwisata Tahun 2017 :

  1. Sinkronisasi, koordinasi dan menyamakan persepsi dalam rangka Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dalam menunjang Pariwisata sesuai Undang-Undang.
  2. Meningkatkan pemahaman aparatur Pemberdayaan Masyarakat dan OPD terkait pada Kabupaten/Kota terkait dalam menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat di kawasan pariwisata.
  3. Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat yang berusaha di kawasan Destinasi Pariwisata dan penyediaan fasilitas umum yang dibutuhkan.
  4. Meningkatkan pendapatan asli Nagari/Desa melalui penataan ekonomi masyarakat yang berdaya guna dan efektif pada destinasi Pariwisata.

Hasil yang diharapkan pada Rapat Koordinasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dalam Menunjang Pariwisata Tahun 2017  adalah :

Pembinaan dan pengembangan ekonomi masyarakat yang berada pada kawasan Destinasi Pariwisata Perdesaan, sehingga destinasi pariwisata Perdesaan di Sumatera Barat menjadi tujuan Wisatawan Lokal dan Mancanegara yang akan meningkatkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli Nagari/Desa.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *