Rapat Persiapan Gelar TTG Nasional XIX Tahun 2017

Pelaksanaan Rapat Persiapan Gelar TTG Nasional XIX Tahun 2017, yang dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2017 bertempat di Ruangan Rapat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Jalan Pramuka No. 13 Khatib Sulaiman Padang.

Dalam Kegiatan Rapat Persiapan Gelar TTG Nasional XIX Tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat diwakili oleh Kepala Bidang UEM, SDA dan TTGDinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Kamis (8/6).

Dalam sambutannya Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG Drs. HERZADI LAZRAN mengatakan Rapat Persiapan Gelar TTG Nasional XIX Tahun 2017 yaitu dasar hukum dari pelaksanaan Rapat Persiapan Gelar TTG Nasional XIX Tahun 2017:

  1. Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2001 Tentang Penerapan dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG).
  2. UU No 06 Tahun 2014 tentang Desa.
  3. Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor Nomor 151 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional.
  4. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor20 Tahun 2010, tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Teknologi Tepat Guna.

Drs. HERZADI LAZRAN juga menyampaikan bahwa Tema Gelar  TTG  Nasional XIX Tahun 2017 Provinsi  Sulawesi Tengah yaitu : “Melalui Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional, kita  tingkatkan  kreatifitas  dan inovasi desa dalam rangka mewujudkan kemandirian dan  kesejahteraan masyarakat menuju desa membangun Indonesia”

Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG Drs. HERZADI LAZRAN dalam Laporan Panitia Penyelenggaraan menyampaikan bahwa peserta Rapat Persiapan Gelar TTG Nasional XIX Tahun 2017, yaitu : para posyantek, inventor, inovator dan pengembang TTG binaan Kab/Kota.

Tujuan dari Penyelenggaraan Rapat Persiapan Gelar TTG Nasional XIX Tahun 2017 :

  1. Untuk menginspirasi dan memotivasi aparat dan masyarakat membentuk dan mengembangkan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek).
  2. Sharing informasi dan pengalaman dalam membentuk dan mengembangkan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek).
  3. Menyampaikan informasi-informasi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG) kepada masyarakat melalui Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek).
  4. Memotivasi penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) di masyarakat.
  5. Memberikan layanan konsultasi dan pendampingan kepada masyarakat dalam penerapan dan pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG).
  6. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi aparat dan pengurus Posyantek.
  7. Menjalin hubungan silaturahmi dan mempererat rasa kebersamaan diantara pengurus Posyantek sehingga telah terwujud forum komunikasi Posyantek di  Provinsi Sumatera Barat.

Hasil yang diharapkan pada Rapat Persiapan Gelar TTG Nasional XIX Tahun 2017  adalah :

sosialisasi dapat mengambil manfaat dan saling bertukar informasi untuk pengembangan teknologi tepat guna di daerah masing-masing. bagi aparat pembina teknologi tepat guna dapat selalu memberikan dukungan dan bekerjasama dengan posyantek serta senantiasa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *