Rapat Evaluasi Pengelolaan Pasar Nagari/Desa se-Sumatera Barat Tahun 2017

Pelaksanaan Rapat Evaluasi Pengelolaan Pasar Nagari/Desa se-Sumatera Barat Tahun 2017, yang dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2017 bertempat di Ruang Rapat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Jalan Pramuka No. 13 Khatib Sulaiman Padang.

Dalam Kegiatan Rapat Evaluasi Pengelolaan Pasar Nagari/Desa se-Sumatera Barat Tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat diwakili oleh Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Senin (21/8).

Dalam sambutannya Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG Drs. HERZADI LAZRAN mengatakan Dasar PelaksanaanRapat Evaluasi Pengelolaan Pasar Nagari/Desa se-Sumatera Barat Tahun 2017 yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 42 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Pasar Desa, Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 40 Tahun 2003 tentang Pedoman Pembentukan, Pembangunan dan Pengelolaan Pasar Nagari Dalam Provinsi Sumatera Barat, Keputusan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Nomor 71 Tahun 2017 tanggal 16 Agustus 2017 tentang Penyelenggaraan Rapat Evaluasi Pengelolaan Pasar Nagari/Desa se-Sumatera Barat, Surat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 412.13/736/DPMD-2017 tanggal 15 Agustus 2017 tentang Undangan Rapat Evaluasi Pengelolaan Pasar Nagari/Desa Tahun 2017.

Drs. HERZADI LAZRAN juga menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan rapat ini adalah untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Pasar Desa. Dimana Pasar Desa merupakan pusat interaksi sosial masyarakat pedesaan, merupakan sarana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman manajemen pengelolaan Pasar Nagari/Desa.

Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG Drs. HERZADI LAZRAN dalam Laporan Panitia Penyelenggaraan menyampaikan bahwa peserta Rapat Evaluasi Pengelolaan Pasar Nagari/Desa se-Sumatera Barat Tahun 2017, yaitu :

  • paratur pemberdayaan masyarakat Kabupaten/Kota dan OPD terkait Pengelolaan Pasar Nagari/Desa se-Sumatera Barat.

Tujuan dari Penyelenggaraan Rapat Evaluasi Pengelolaan Pasar Nagari/Desa se-Sumatera Barat Tahun 2017 :

  1. Untuk sinkronisasi, koordinasi dan menyamakan persepsi dalam rangka pembinaan dalam pengelolaan manajemen pasar nagari/desa
  2. Untuk memahami tatacara penyerahan urusan pengelolaan pasar nagari dari Pemerintah Kabupaten/Kota kepada Pemerintah Nagari/Desa sesuai dengan Permendagri RI Nomor 42 Tahun 2007.
  3. Mengevaluasi pelaksanaan amanat yang terkandung dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Pasar Desa.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *